Layanan Domain dan Hosting Gratis

Gratis! Ingat gratis, ingat uang, ingat uang yang “tidak dibayarkan”. Memang sangat menyenangkan.

Beberapa bulan lalu saya sempat berdiskusi dengan seorang blogger yang menggunakan layanan domain dan hosting gratis. Tapi layanan ini bukanlah http://co.cc (sebagai domain) dan http://000webhost.com sebagai layanan hosting. Layanan  itu dapat Anda kunjungi pada situs http://hyperphp.com. Layanan domain dan hosting terpadu pada layanan ini.

Setelah mendapat informasi itu, Saya langsung mengunjungi situs hyperphp dan mendaftarkan diri dengan layanan tersebut. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendaftarkan diri pada layanan ini. Namun saja, kendala yang dihadapi adalah pada saat mengetikkan password. Sesuai petunjuknya, password yang digunakan harus memiliki 8 karakter (sejauh yang saya gunakan). Jika terjadi kelebihan atau kekurangan, anda akan terhenti pada form ini. Hingga Anda menginputkan data sesuai dengan prosedur layanan.

Setelah mendapatkan account, secara langsung saya telah memiliki domain dengan alamat http://isaninside.hyperphp.com. Secara kasat mata, jelas terlihat kalau domain tersebut adalah subdomain dari hyperphp.com. Seperti layaknya wordpress.com jika menggunakan layanan blog gratis wordpress (saya pengguna wordpress). Nah dimana letak perbedaannya?

Perbedaannya terletak pada layanan control panel (CPANEL) domain tersebut. Pada wordpress.com, pengguna tidak diizinkan untuk membuka layanan ini, sedangkan pada hyperphp, pengguna akan menjumpainya dan dapat melakukan kostumisasi blog, situs, forum diskusi, atau elearning yang akan Anda bangun nantinya. Cpanel pada hyperphp dikenal dengan nama vistapanel.

Selain itu, layanan vista panel ini juga menggunakan sebuah aplikasi web builder. Aplikasi ini mirip dengan Fantastico jika Anda pengguna domain dan hosting yang berbayar. Web bulider ini memungkinkan Anda untuk membangun sebuah blog, situs web dan lain-lain, dengan menggunakan CMS-CMS yang telah teruji eksistensinya, seperti WordPress dan Joomla.

Saya sempat melakukan instalasi untuk layanan wordpress. Cukup gampang untuk melakukan instalasi wordpress ini . Setelah selesai melakukan instalasi, Saya mengunjungi alamat blog yang Saya bangun itu. Dan ternyata tidak jauh berbeda dengan wordpress.org. Perbedaan hanya terletak pada beberapa buah banner yang terpasang secara otomatis pada CMS wordpress ini.

Tidak seperti wordpress.com, layanan hyperphp.com memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan banner Flash. Sehingga tingkat kostumisasi situs dengan menggunakan layanan ini lebih fleksibel. Bagi anda yang baru mengenal dunia hosting, sebaiknya menggunakan layanan ini sebelum akhirnya beranjak ke layanan komersil. Ilmu yang didapat pada layanan ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh layanan domain dan hosting yang berbayar.

Itulah sedikit informasi yang saya dalami mengenai layanan hyperphp ini. Kalau ada yang salah atau yang mau menambahkan, silahkan komentari. Semoga bermanfaat!

Tunggu apalagi! segera manfaatkan! Isaninside 2010.