Isaninside.net (promosi om)

isaninsidenetAkhirnya saya memiliki domain baru di alamat http://isaninside.net. Domain ini saya bangun dengan menggunakan layanan hosting + domain di Rumah Hosting.com. Ternyata tidak sulit untuk melakukan registrasi dan aktifasi domain ini. Paket yang digunakan adalah Paket Super Murah Large dengan kapastisas 75 MB Plus Nama domain. Merupakan sebuah pelajaran baru yang sangat berharga.

Bermodalkan pengetahuan latihan Hosting di server gratisan (isanrsk.co.cc), akhirnya saya mampu membangun sebuah Blog dengan Menggunakan WordPress.

Begini ceritanya, hehehehe.

Hal pertama yang saya lakukan adalah googling server hosting, ada beberapa list tempat hosting yang saya temui, dari sekian banyak layanan server hosting, terdapat layanan server yang dalam rencananya akan saya manfaatkan. Kedua server tersebut adalah server milik pribumi (indonesia asli). Dan akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke layanan Hosting RumahHosting.com.

Untuk mendaftar, langkah pertama yang dilakukan adalah mengetikan alamat domain yang akan digunakan di box domain yang disediakan oleh layanan hosting tersebut. Ketikan nama dan pilih domain yang akan digunakan. Domain-domain yang bisa dipilih seperti .com, .net, .org, .web.id, dan yang lain sebagainya. Setelah mengetikan nama dan memilih domain, maka layanan tersebut akan mengecek apakah domain yang kita gunakan valid atau tidak (terkait dengan domain yang telah ada). Jika domain yang  diketikan valid, maka akan dilanjutkan ke tahap registrasi dan pemesanan.

Tahap Registrasi. Ragistrasikan identitas pribadi, seperti registrasi biasanya. Ketikan nama bla bla bla, dan centang license agreement-nya. Lalu lanjutkan ke tahap pemesanan. Untuk melakukan pemesanan, anda harus memilih jenis layanan yang akan digunakan. Terdapat paket-paket yang dapat dipilih sesuai dengan kocek yang dimiliki. Paket-paket tersebut menjelaskan beberapa layanan yang akan di dapat jika menggunakan salah satu paket. Dapat dipilih fasilitas yang digunakan, apakah hanya sekedar membeli domain, atau membeli domain + layanan hostingnya.

Dalam hal ini saya membeli domain + layanan hostingnya. Sehingga jumlah yang akan dibayarkan menjadi 2 macam. Yang pertama untuk domain dan yang kedua untuk layanan hosting. Untuk domain, saya menggunakan http://isaninside.net dan 75 MB untuk kapasitas hosting. Selanjutnya rumahhosting.com akan mengirimkan pesan ke email yang kita gunakan pada saat registrasi. Informasi yang dikirim berupa jenis layanan di pesan + jumlah harga yang harus kita bayarkan. Di email tersebut akan tertera nomor Invoice yang diberikan oleh RumahHosting.com. Nomor invoice ini digunakan sebagai nomor rahasia pada saat konfirmasi setelah mentransfer uang. Untuk memabayar, terdapat 3 jenis bank yang dapat digunakan, BCA, Mandiri, dan BNI. Dalam hal ini saya menggunakan bank BNI. Petunjuk cara pembayaran akan di temui pada email yang dikirim oleh rumahhosting.com

Setelah membayar, lakukan konfirmasi telah mentransfer uang tersebut. Konfirmasi dapat dilakukan dengan mengirim sms ke admin RumahHosting.com (format dan nomor HP ada di email), atau dengan mengirim bukti transfer dengan cara meng-attach bukti pembayaran tersebut melalui email. Range waktu mentransfer uang adalah seminggu setelah dilakukan pemesanan, jika diluar range, maka pemesanan akan dibatalkan atau melakukan registrasi kembali dari awal.

Setelah mentransfer uang, rumahhosting.com akan mengirimkan pesan tentang aktifasi domain yang dipesan. Setelah menerima email ini, lakukan login ke rumahhosting.com. Gunakan username dan password yang dituliskan pada saat registrasi awal. Setelah login, akan di dapati beberapa informasi mengenai layanan yang digunakan, dan account di rumahhosting telah di dapatkan.

Lanjutkan ke tahap membangun Website / Blog dengan cara masuk ke CPANEL. Semua langkah Cpanel hampir sama dengan langkah-langkah yang saya pelajari pada saat hosting gratisan. Untuk membangun Website disediakan banyak layanan yang dapat digunakan dengan menggunakan Fantastico. Banyak kemudahan dalam memabangun website melalui fantasico ini. Fantastico telah meyediakan beberapa jenis layanan CMS yang dapat dimanfaatkan seperti joomla, mambo dll. Selain itu layanan blog pun juga dapat dimanfaatkan. Karena kecenderungan saya menggunakan WordPress, maka saya pilih WordPress sebagai CMS blognya.

Klik WordPress, isikan password dan username, pilih file tempat instalasi, maka secara otomatis CMS wordpress akan terinstall dengan sendirinya, lebih cepat dan lebih gampang dibandingkan dengan instalasi sendiri.

Setelah instalasi, buka layanan file manager yang terdapat di Cpanel. Layaknya explorer, file manger bekerja persis seperti explorer. Akan di temui file-file instalasi di folder “www” pada file manager. Jangan lupa untuk menghapus file “index.html” yang terdapat di folder tersebut. Tujuannya agar pada saat membuka alamat domain (http://isaninside.net) yang ditemui adalah hasil instalasi WordPress (tampilan standar WordPress), bukan file “index.html”.

Akhirnya telah terbentuk sebuah CMS wordpress dengan domain “isaninside.net”.

Langkah selanjutnya adalah meng-Upload tema hasil modifikasi di localhost. Upload tema tersebut di folder theme pada file manager (wp-content/themes/-upload di sini-). Setelah theme di upload, lakukan log in ke admin CMS wordpress dengan mengetikan http://isaninside.net/wp-admin di box url browser. Maka kan tampil halaman admin wordpress (seperti admin di domain isaninside.wordpress.com). Ganti tema ke tema yang baru di upload. Maka hasilnya dapat anda lihat di http://isaninside.net.

Langkah selanjutnya adalah mengimport semua tulisan yang pernah ditulis di http://isaninside.wordpress.com. Gunakan layanan export dan import WordPress, hasilnya adalah semua tulisan yang ditulis di http://isaninside.wordpress.com akan terduplikasi di http://isaninside.net (sama persis termasuk komentar dan halaman). Silahkan bandingkan dengan menggunjungi kedua domain tersebut.

Dan sekarang saya telah memiliki sebuah domain baru yang isinya sama dengan domain wordpress yang saya gunakan sebelumnya.

Banyak keuntungan yang di dapat dengan menggunakan domain baru ini. Optimalisasi dan penggunaan berbagai fasilitas lebih leluasa digunakan, sehingga lebih banyak lagi ilmu yang harus di jamah. Beberapa layanan yang dilarang oleh wordpress.com akan dapat digunakan dengan domain baru ini.

Well, itulah sedikit cerita tentang tata cara instalasi hingga jadi sebuah Blog dengan domain baru yang saya gunakan.. hope banyak pengunjungnya.. hehehehe met berkunjung ke http://isaninside.net, silahkan komentari.