Fitnah di Komentar Antar Blog

isaninside-newBeberapa detik yang lalu saya sempat membrowse nama “Isaninside” alias saya sendiri di Mbah Gugel. Dan ternyata banyak juga tulisan yang nge-link ke nama saya. Ada link blog saya, link Site Co.cc, Link blog browser, link serach blog pada umumnya, beberapa komentar yang pernah saya kirim dengan sadar,  dan yang terakhir adalah komentar yang di indikasi hanya menggunakan nama saya (fitnah). Emang parah banget buat yang terakhir.

Sebelumnya saya tidak pernah mengunjungi, dan bahkan mengirimkan komentar ke blog tersebut, eh tapi ternyata sudah ada saja komentar yang beratas namakan saya. Komentar yang diberikanpun tidak layak untuk dijadikan komentar. Memang sangat merusak pencitraan! Sebelumnya saya baru sadar dengan komentar-komentar yang bernuansa fitnah tersebut. Dan saya mengirimkan komentar balik perihal penggunaan nama saya ke alamat blog yang berisi komentar Fitnah atas nama saya itu.

Keadaan ini membuat saya bertanya-tanya, apakah cara-cara seperti ini sudah biasa digunakan dalam dunia blog? Kalo memang seperti ini, tentu banyak korban seperti kejadian yang saya alami. Penanggulangan masalah ini, mungkin belum saya dapatkan. Tetapi saya mengindikasi, kalau orang yang menfitnah ini pernah mengunjungi alamat blog saya, dan menggunakan alamat email saya yang saya bubuhkan di sidebar yang saya gunakan. Dan itu baru saya anggap sebagai indikasi awal.

Apa yang mesti di lakukan? Salah satu cara awal yang saya gunakan adalah dengan menghapus semua alamat email saya yang saya publikasikan di sidebar blog ini. Dan ini telah saya praktekkan. InsyaAllah akan di evaluasi beberapa hari kedepan.

Semua ini tentu merupakan pembelajaran. Jika kita mencoba sesuatu yang baru dan apapun jenisnya, pasti ada tantangan dan menuntut kita untuk lebih bertahan dan mencari penyelesaiannya. Semoga ini bisa digunakan pelajaran oleh para blogger yang turut serta mengharumkan nama bangsa dan selalu berbagi ilmu tanpa merusak hak orang lain. Hargai orang lain, dan pasti orang lain akan mengahrgai kita dengan sendirinya.

Saya memohon maaf  pihak yang merasa dirugikan dan mengutuk tindakan yang mencemarkan nama baik. Semoga para perusak bisa berubah haluan dan menggunakan kiblat yang lebih baik, bermanfaat dan menolong orang lain. Bukan melakukan fitnah.. Dan Ingat! Fitnah Lebih Kejam Dari Pembunuhan! Wassalam.

Kalau mau liat alamat blognya, Klik ini