Bermain dengan REGEDIT

registryWarning!

Trik ini diperuntukkan bagi orang-orang yang mau mencoba, mau membaca, dan pemula. Bagi kaum “expert” juga boleh membaca karena itu hak anda🙂, dan bila perlu lewatin aja karena ini jauh di bawah keahlian anda, hehehehe peace. Kalau ga suka jangan di baca apalagi mencoba, karena berbahaya jika tidak di baca betul.

Regedit adalah salah satu sistem yang diterapkan di dalam sistem operasi Windows. Regedit bekerja dengan menggunakan angka biner dan hexadesimal (kalo ga salah). Cara membuka regedit ini gampang, seperti ini :

Klik : Start > Run (muncul box Run) , ketikkan kata “regedit” bisa kapital maupun non kapital.

Regedit memiliki kemampuan-kemampuan rahasia yang belum anda kenal (bagi yang baru tau).  Kemampuan itu dapat anda lihat pada daftar di bawah ini, berikut dengan petunjuk aktifasinya. Selamat mencoba..

Mengganti Nama Recycle Bin

Nama “Recycle Bin” temasuk ke dalam salah satu apliaksi yang tidak bis di ganti namanya. Kalau tidak percaya, coba aja dengan mengklik kanan Icon Recycle Bin pada Desktop, carilah opsi rename-nya. Ga bakalan nemu deh… Nah berikut ini adalah string yang digunakan dalam mengganti nama Recycle Bin itu, selamat mencoba.

HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}

Klik ganda pada option (Default value) dan beri nama baru sesuai keinginan anda pada Value Data.

Menunjukkan File Hidden Operating System

Biasanya setiap orang memiliki privasi tersendiri di dalam komputernya. Untuk itu dilakukan berbagai cara dalam menyenbunyikan folder-folder yang dianggap pribadi atau berisi #$@%^&&. Salah satu cara yang digunakan adalah “Hide Operating  System ” yang dilakukan melalui DOS. Salah satu cara “lagi” yang digunakan dalam menampilkan file yang “superhiden” ini adalah Regedit, selain dengan DOS itu sendiri. So, try this one :

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama ShowSuperHidden. Klik ganda ShowSuperHidden dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Otomatis Mematikan Aplikasi yang Not Responding

Kemampuan ini dapat dilakukan untuk mematikan secara otomatis program-program yang “not responding”. Walau terkadang “kaga” bekerja, hehehe, tapi apa salahnya di coba….

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop

Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Atau

HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop

Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Kotak Dialog Sebelum Logon

Mau ngerjain orang? Trik ini dapat diandalkan. Kemampuan string ini adalah menampilkan kotak dialog yang berisi judul berikut isinya sebelum Log On Windows. Judul dan Isi Dialog Box dapat diisi sesuai dengan keinginan anda. Cobain aja string ini…

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

Klik ganda LegalNoticeCaption dan masukkan input teks judul yang diinginkan (contoh: Virtus Alert).

Klik ganda LegalNoticeText dan masukkan input teks (isi) yang diinginkan (contoh: This computer have been infected by panicattack virus).

Menonaktifkan Fungsi AutoRun

Fungsi string ini dapat diandalkan karena banyaknya virus yang berkembang melalui “autorun”. Matikan fungsi menu autorun komputer anda. Sehingga setiap flashdisk yang ter”cucuk” tidak akan dapat berjalan melalui autorun.

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer

Klik ganda NoDriveTypeAutoRun dan masukkan angka 95 pada Value Data.

Membersihkan Recent Documents

Recent dokumen berguna untuk meninjau kembali setiap file terakhir yang anda buka.  Jika komputer  digunakan oleh banyak orang (like komputer tempat kos-kosan) pengguna terakhir akan berupaya mengapus file-file recent yang pernah dibukanya, apalagi file itu foto ceweknya, hihihihihi. Supaya mudah cobain aja string ini.

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer

Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRecentDocsHistory.

Klik ganda pada NoRecentDocsHistory dan masukkan angka 1 pada bagian Value Data.

Menyembunyikan My Recent Documents

(sambungan cara di atas) Lakukan trik awal dengan string berikut, sehingga Link “My Recent Document” akan hilang dari menu Start anda….

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced

Klik ganda pada Start_ShowRecentDocs dan masukkan angka 0 pada Value Data.

Ending :

Terkadang beberapa string tidak ditemukan atau tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.. balum ada jawaban pasti mengenai masalah ini. Yang jelas, cobain aja dulu..dan  yang terpenting lagi adalah belajar. Untuk mngetahui rahasia lainnya, kunjungi aja : http://ilmukomputer.com ketikan “abe-registry” pada menu search..

Selamat mencoba, jika terjadi kesalahan, lakukan lagi percobaannya. Atau bertanya di forum IT, atau blog ini….

Sumber : http://isaninside.wordpress.com / http://ilmukomputer.com = abe-registry.