Mahasiswa Bosen Mencatat? Yah Gunakan Mind Map Aj

Mind Mapping Tony Buzan

Tulisan ini saya tulis setelah menyelesaikan suatu catatan penting (aljimatul minal sukses) yang digunakan dalam ujian semester 7 ini. eit tunggu dulu, “jimat” ini legal lo.. Sebelumnya saya sangat bingung dan malas untuk merangkum catatan tersebut. Ditambah lagi buku referensi yang lumayan tebal (lebih kurang 250 halaman), waaaah capek deeeeh. Seminggu lamanya catatan tersebut saya tinggalkan, tanpa dikerjakan sedikitpun, (hiks-hiks malas banget). Seminggu kemudian hati saya tergerak untuk mengerjakannya, namun binggung bagaimana cara mengawalinya. Setelah berpikir “agak sedikit” panjang, akhirnya saya temukan cara ampuh dalam mengerjakan catatan tersebut. Mind Mapping! itulah jawabannya.

Mind Mapping sudah saya kenal sejak tahun 1 perkuliahan. Mind Map ini diperkenalkan oleh orang tua saya. Selain itu saya juga sempat dibelikan 2 buah buku karya Tony Buzan yang berisi konsep Mind Mapping dan SQ.

Ulasan Mengenai Mind Mapping (some Opinion)

Mind Map = Pemetaan Pikiran

tony-buzanTony Buzan, adalah seorang pencipta metode Mind Mapping. Tony Buzan terinspirasi oleh komputer di tahun 1971 yang dilengkapi dengan manual pemakaian hingga ribuan lembar. Dia heran, mengapa otak manusia yang jauh lebih hebat tidak disertai manual penggunaan? Maka dia menciptakan alat mind map sebagai cara memaksimalkan kerja komponen penting otak.

Kebiasaan mencatat secara konvensional merupakan kegiatan yang sangat membosankan. Mengapa tidak, menuliskan huruf yang beraneka ragam itu dapat membuat otak kita bekerja secara monoton dan hanya terpaku pada tulisan. Hal ini akan sangat membosankan jika jumlah halaman catatan yang dikerjakan mencapai puluhan, ratusan dan bahkan ribuan (kalau ada). Apa kata dunia?

Pada prinsipnya otak terdiri dari 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Secara umum otak kanan dikenal dengan kecerdasan dibidang seni, minat dan bakat, etc. Sedangkan otak kiri dikenal dengan bagian kecerdasan akademik sesorang, seperti mencatat konvensional. Jika kemampuan otak kiri selalu dikembangkan tanpa melibatkan otak kanan, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan kerja otak. Ketidakseimbangan ini bisa menimbulkan kemalasan, kebosanan dan keinginan untuk menghindarinya (saya alami).

Bagaimana menanggulangi keadaan ini?

Mind Mapping adalah jawabnnya. Metoda ini sangat membantu dalam mengembangkan kerja kedua bagian otak, disaat otak kiri bekerja merekam informasi dan merealisasikannya dalam tulisan, maka otak kanan akan membantu dengan mengembangkan ide-ide kreatif dalam bentuk visual seperti gambar-gambar, garis-garis dan bahkan warna-warni dalam tulisan tersebut.

Keadaan ini akan membuat nuansa yang berbeda dibandingakan dengan catatan pada umumnya. Meriah dan sangat tidak melelahkan mata dan pikiran. Selain itu mengerjakannya pun seperti melukis atau menggambar. Menggambar yang dikolaborasikan dengan catatan disekitarnya. Nah keseimbangan antara otak kiri (menulis catatan) dan otak kanan (menggambar) dapat dipenuhi dengan cara ini. Keadaan ini sesuai dengan fungsi mind map, yaitu sebagai alat bantu untuk memudahkan otak bekerja kita.

Mind map sangat mudah dipahami setelah dasar-dasar pembuatannya diketahui (yang juga sangat sederhana), menurut Tony Buzan, beberapa panduan untuk menggambar mind map adalah:

  1. Siapkan kertas kosong
  2. Mulai dari bagian tengah kertas kosong dengan sisi panjang diletakkan mendatar.
  3. Gunakan gambar untuk ide sentral.
  4. Gunakan warna.
  5. Hubungkan cabang-cabang secara hirarki radial.
  6. Buat garis hubung yang melengkung. (ingat hindari garis lurus, apalagi dengan penggaris)
  7. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.
  8. Gunakan gambar, pada sub ide dan cabang-cabang ide (kalau memungkinkan semua cabang).

Bila kita sering mengalami pusing karena banyak masalah yang terlintas di kepala, atau banyak ide yang tiba-tiba muncul, atau apapun yang kalau tidak direkam akan membebani otak bawah sadar, maka mind map ini bisa menjadi alat bantu menuangkan semua gagasan, pikiran, maupun sampah di kepala tersebut.

Sotware Mind Map

Setelah melakukan browsing di internet, ternyata telah banyak dikembangkan software-software yang membantu  penulisan dengan metode Mind Mapping ini. Namun pembuatan dengan menggunakan tangan sendiri akan lebih baik dan nyata dibandingakan dengan bantuan software-software.

Untuk diketahui, kini telah tersedia wikipedia dalam bentuk mind map, dapat dicoba pada situs http://www.wikimindmap.org/ . Cara pencariannya mirip dengan situs wikipedia.org, hanya saja hasilnya yang biasa merupakan artikel panjang, kini ditampilkan secara visual dalam bentuk mind map!

Dengan kesibukan berkuliah yang tinggi, penggunaan metoda ini akan lebih efektif dan efisien. Mengingat banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Silahkan praktekkan metode ini, dan rasakan perubahan yang akan di dapati. Selamat mencoba. rskisn@yahoo.com 2009

sumber : http://isaninside.wordpress.com