Penulis Itu?

fs-unp1

HAL yang paling banyak dikatakan orang-orang (teman-teman) di saat saya mengajak mereka untuk bergabung di blog AnakMudaIndonesia adalah, “Saya tidak bisa menulis”.

Entahlah, apakah saya harus tertawa atau sedih. Soalnya, teman-teman yang saya ajak itu keseluruhannya adalah melalui dunia maya, yang otomatis pasti menggunakan tulisan. Nah, kenapa mereka masih bilang “Saya tidak bisa menulis?”.

Bagi penulis pemula (eh, bukan maksud so mahir loh) alasan ini selalu yang mereka utarakan pertama kali di saat ada tawaran ataupun kesempatan untuk menulis. Jawabannya sebenarnya muah saja. Dari kecil (TK bahkan sekarang sudah ada PAUD) kita sudah diajarkan menulis. Tapi kenapa masih mengatakan diri kita tidak pandai menulis sama sekali?

Saya tidak bermaksud menggurui ataupun melecahkan teman-teman yang mengatakan demikian, namun maksud saya di sini, adalah menggambarkan bahwa itu (apa yang teman-teman pikirkan) terjadi pada semua orang. Bahkan kalau teman-teman memiliki kesempatan untuk berbicara ataupun berdiskusi dengan penulis handal mungkin saja mereka akan mengatakan hal yang sama untuk pengalaman pertama mereka menulis. Dan saya sudah membuktikan itu, ditambah dengan berbagai bacaan tetang “Cara memulai menulis ataupun belajar menulis profesional”. Eh, itu bukan judul buku loh, ntar jangan sampai di cari karena ga mungkin ketemu. Tapi kalau misalnya ketemu, pasti inspirasinya dari tulisan saya ini. Hehehe, bercanda ding.

Kembali ke persoalan yang menulis tadi. Para penulis pemula (termasuk saya) juga mengalami hal sama, cuman cara penyampaiannya saja yang berbeda. Ada yang menyampaikannya agak malu-malu mau, tapi ada juga yang menyampakannya dengan cara berteriak histeris (wah lebay deh). Pi, itu memang kenyataan. Dan caranya gampang aja. Teman-teman pasti pernah menulis apa saja, dan di mana saja. Coba kumpulkan lagi tulisan itu, lalu di rangkum jadi satu. Kemudian di tulis lagi apa kejadian pas teman-teman membuat tulisan itu untuk menghubungkannya agar membentuk sebuah kalimat.

Itu cara simpel. Cara berikutnya, juga di postingan berikutnya. Hahahahahah. Cukuplah demikian untuk saat ini saya rasa. Nah, benar khan, nulis kalimat aja masih terbalik-balik gini. Tapi, so what gitu loh. Semuanya boleh punya ciri khas masing-masing. Dan saya sedang bersuha mencarinya. Hihihihi…

BTW,  bagi yang membaca ini, dan pengen menjadi penulis profesional ataupun yang katanya “pengen belajar” itu boleh praktik langsung. Di tunggu keberhasilannya. 🙂

Satu lagi, ada kabar gembira neh buat AnakMudaIndonesia, jumlah pengunjung kita meningkat dari hari ke hari dan yang paling banyak berkunjung karena klik di Friendster. Wah bocoran neh, buat yang promosi blognya lewat FS, pi selamat mencoba aja deh. Kemudian, tulisannya juga di update tiap hari. Wah prestasi yang membanggakan. Dan itu bukan untuk saya, namun untuk AnakMudaIndonesia yang sudah begitu besar apresiasinya dalam menjadikan blog ini sebuah wadah (socialcyber) untuk berkomunitas, beropini, berwacana, berdiskusi, berbagi pengalaman, dan segala hal. Selamat buat AnakMudaIndonesia.

Kemudian satu hal yang paling spesial, blog AnakMudaIndonesia juga dipromosikan di FS UNP. seperti yang di atas itu. Nah, bagi teman-teman yang belum bergabung di FS UNP segeralah bergabung. Tidak hanya untuk mahasiswa UNP, tapi semuanya. Semua yang merasa pernah kenal ataupun punya teman di UNP. Boleh berkunjung. Apalagi sekarang FS UNP telah menjadi fan of. Kalau pengen bergabung tinggal klik gambarnya aja. Key. Terimakasih.

Wassalam