ketika perjuangan tidak lagi bermakna

Hidup adalah perjuangan. mungkin istilah itu benar-benar udah termasuk dalam kalimat klise yang sering didengar. Jika seorang sahabat sedang bersedih, ayau dalam situasi dan kondisi ujian/tes karena memiliki masalah, pasti kata-kata yang sering disebut untuk menghibur adalah, “Yang tabah ya, karena hidup itu adalah perjuangan…”

dan bla-bla-bla

pokonya klise banget..

namun, salahkah itu?
Nggak, itu nggak salah. Agar kita bisa terus survive di kehidupan ini memang harus ada perjuangan. Perjuangan yang dihadapi bukan hanya perjuangan fisik, tapi juga spirit dan psikis.

pokoknya, semua aspek dalam hidup kita harus diperjuangkan agar kita bisa bertahan. Agar jasmani kita bisa bertahan dengan kekuatannya yang ada, agar jiwa bisa berkontribusi dalam pelogisan tingkah laku, dan agar Spirit bisa menjalankan fungsinya sebagai penghubu8ng manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhannya.

Namun, apakah tujuan dari perjuangan itu hanyalah untuk survive? Hanya untuk bertahan hidupkah? Mungkin anda bisa membenarkan hal itu bila anda seorang atheis yng tidak mengakui adanya kehidupan setelah mati

Tapi jika anda orang yang meyakini adanya kehidupan setelah mati, setidaknya ada sebuah pemikiran dan pertanyaan di nurani ini, “Bagaimana caranya agar nanti saya bisa survive di kehidupan setelah mati?”
Apakah tjuan semua ini hanya akn berakhir dengan kematian? semua pengorbanan, ketakutan, kecemasan, benci, cinta, semuanya akan berakhir begitu saja? jika begitu, berarti selama ini kita melakukan sesuatu yang tidak ada manfaatnya, dan tidak akan bisa kita puas dalam menikmatinya.
Mengapa tidak ada manfaat? karena tidak ada retorika makna di dalamnya. makna yang ada hanyalah makna yang tidak terlalu jelas. makna yang abstrak dan tidak abadi.
Buat apa selama ini kita berjuang tanpa ingin mendapatkan makna? Intinya, benarkah semua yang kita lakukan selama ini adalah perjuangan?

Silakan dijawab. Jawaban apapun yang anda lontarkan adalah jawaban yang menentukan jalan anda ke depan. Dan pastikan anda akan mengedit jawaban anda sendiri setelah menuliskannya…makna