BURU, TANGGAP DAN MUSNAHKAN

koruptor1AnakMudaIndonesia, tadi pagi abis Subuh Ulfi ngintip metro pagi. Ada salah satu Sekolah Menengah Atas di Solo, JABAR yang mengisi liburan sekolah dengan kegiatan anti korupsi. Kegiatan itu diramu menjadi sebuah games yang menarik dan seru. Dalam lomba yang diadakan tersebut, siswa yang menjadi peserta sibuk mengejar seekor kambing yang memakai kostum bertulisan korupsi. Laksana seorang koruptor, kambing itu berusaha melarikan diri dari kejaran masa. Semakin liar kambing yang mau ditangkap, semakin tinggi semangat yang dimiliki siswa-siswa peserta lomba untuk menangkapnya. Dengan usaha, kerja sama dan rasa ingin membasmi, akhirnya kambing menyebalkan itu dapat di tanggap. Apes deh kambing, digebukin.

Kata kepala sekolah SMA bersangkutan, kegiatan ini memang sengaja diadakan dengan tujuan untuk memberi pembelajaran bagi siswa-siswi tentang anti korupi.

AnakMudaIndonesia, sebenarnya kegiatan ini sangat bagus. Meski baru setingkat games, tapi ada pesan yang bisa disampaikan pada anak-anak. Misalnya pesan-pesan kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, DELELE, yang intinya amal makruf nahi mungkar deh. Dengan kegiatan yang menarik seperti games dan sejenisnya dapat dijadikann media bagi anak-anak dalam menanamkan dan memberi tahu sesuatu.

Misalnya korupsi itu menjijikkan, korupsi itu dibenci banyak orang, atau korupsi itu gudang dosa. Ya … setidaknya seperti dalam games yang mereka ikuti mereka dapat menggambarkan bahwa jika mereka melakukan korupsi mereka akan diperlakukan seperti kambing tadi. Dikejar-kejar masa, dihujat semua orang, dipukuli dan digebukin agar ga lari lagi (mengulangi praktek korupsi). Dan juga pesan bahwa untuk menangkap koruptor itu perlu kerja sama, kerja keras, dan komitmen dari orang-orang yang memang tidak menginginkan di Negara ini hidup seorang koruptor.

Games yang dilakukan ini, Ulfi rasa masih dapat dikategorian ke dalam Pendidikan Anti Korupsi. Karena masih memiliki tujuan yang sama yaitu menerapkan kesidiplinan dan kejujuran dalam setiap sisi kehidupan. Dan untuk mencapainya sepertinya perlu pendidikan Anti Korupsi ini dilakukan semenjak dini. Semakin dini semakin baik. Dan buat AnakMudaIndonesia, KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI!