Menandingi di Atas Kemampuan

imagesTim nasional sepak bola Indonesia kembali gagal. Tidak tahu sudah yang ke berapa kalinya perjuagan itu berakhir kandas. Sangat disayangkan memang. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh PSSI untuk meningkatkan prestasi timnas. Mulai dari pelatih, pemain, maupun dukungan pertandingan liga yang menunjang regenerasi.
Lantas, di sisi mana lagi kita kekurangan. Manakala sudah hampir semuanya benahi. Soal materi pemain pun kita sudah mumpuni. Namun tidak tahu mengapa kita terlalu gugup ketika berhadapan dengan tim sepakbola yang kemampuannya di atas timnas Indonesia. Sehingga skil yang dimiliki pun berpengaruh pada ketidakefektivan permainan timnas kita.
Jika dinilai kegagalan timnas Indonesia melawan Singapura dan Thailand boleh jadi disebabkan mental bertanding. Bebicara soal materi pemain, kita punya pemain berkelas yang berkemampuan merata. Soal kecepatan pun kita tidak kalah dengan kedua negara tersebut. Tapi sekali lagi mengapa kita belum juga bisa berhasil juara.
Mungkin hal yang harus dilakukan PSSI adalah pembinaan mental bertanding. Pemain kita mesti lebih banyak melakukan pertandingan uji coba atau pun persahabatan dengan tim nasional maupun tim liga-liga terbaik yang secara kelas di atas timnas kita. Seperti timnas nasional Thailand yang sering mengirimkan pemainnya ke tim liga di eropa untuk magang.
Dengan demikian, pengalaman bertanding akan berbanding lurus dengan teknik bermain. Apabila kedua hal tersebut sudah diperoleh, maka besar kemungkinan prestasi timnas kita akan lebih baik ke depannya. Semoga.